Makanan Anjuran & Pantangan Untuk Penderita Asam Lambung (Cara Pengobatannya)

Sakit asam lambung akan membuat tubuh tidak nyaman , dimana naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan menimbulkan efek , menyerupai timbulnya rasa nyeri di adegan dada.

Untuk yang memiliki persoalan asam lambung tinggi , yang bahkan sudah hingga menimbulkan gejala-gejala sakit maag , maka hal yang sangat penting ialah mengecek atau memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi.

Karena tentunya kita tidak ingin gejala maag kambuh lagi , yang membuat tubuh tidak nyaman , sehingga janganlah mengonsumsi pantangan makanan-makanan (yang dilarang dokter) bagi penderita asam lambung , dan konsumsilah makanan yang memang dianjurkan.

Makanan Anjuran & Pantangan Untuk Penderita Asam Lambung
Sumber gambar: Wonderopolis.org

Penyakit asam lambung merupakan sebuah kondisi dimana terjadi persoalan pada akses cerna. Umumnya penyakit asam lambung tidak menimbulkan persoalan yang serius , dimana penyakit ini dapat sembuh dengan setelah diberi obat khusus untuk maalah asam lambung.

Akan tetapi tentunya terdapat sebagian kecil kasus persoalan asam lambung ini yang menimbulkan persoalan serius.

Yang perlu diketahui , bahwa lambung insan memproduksi enzim-enzim dan zat asam lambung fungsinya untuk mencerna makanan. Dimana lambung yang dalam kondisi normal mempunyai lapisan pelindung , yang fungsinya untuk melindungi dinding lambung adegan dalam dari terjadinya erosi akhir zat asam lambung.

Adapun seseorang terkena persoalan penyakit asam lambung ini alasannya ialah lapisan pelindung dinding dalam lambung mengalami persoalan , serta alasannya ialah produksi asam lambung yang terlalu banyak.

Makanan proposal dan pantangan untuk mengatasi asam lambung

Sangat penting biar asam lambung tidak berubah menjadi penyakit yang kronis , yang tentunya sangat tidak kita inginkan. Agar hal itu tidak terjadi maka aturlah pola makan dengan baik , yang sesuai dengan proposal dan pantangan makanan bagi penderita asam lambung.

Di bawah ini beberapa makanan yang dianjuran untuk penderita asam lambung:

1. Madu
Madu memiliki berbagai manfaat kesehatan dan khasiat pengobatan , kegunaan madu penderita asam lambung , yaitu kandungan yang ada di dalam madu bermanfaat untuk menjaga zat asam lambung biar tetap stabil (tidak diproduksi secara berlebihan oleh tubuh) , manfaat madu juga untuk memberantas kuman Helicobacter pylori yang ada di dalam lambung

2. Alpukat
Pada 100 gr alpukat terkandung 485 mg kalium , yang kandungan kalium tersebut bermanfaat untuk menetralkan asam lambung

3. Melon
Melon menjadi sumber kandungan vitamin A , vitamin C , thiamin , magnesium , folat dan juga kalium , dimana pada buah melon terdapat kandungan-kndungan yang sangat dianjurkan untuk penderita asam lambung.

Di dalam 100 gr melon terdapat 280 mg kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan organ lambung.

loading...

4. Kentang
Ketang juga memiliki kandungan kalium , walaupun tidak sebanyak buah melon dan alpukat , dengan kandungan sebanyak 200 mg setiap 100 gram kentang , bermanfaat untuk mengatasi persoalan asam lambung. Selain itu pada kentang terdapat kandungan karabohidrat yang tinggi.

5. Sayuran Brokoli 
Sayuran Brokoli mengandung sulforaphane , yang merupakan senyawa bakterisidal untuk menhancurkan  kuman Helicobacter pylori. Dengan rajin mengkosumsi brokoli memiliki manfaat besar untuk membantu proses penyembuhkan penyakit asam lambung.

Kembang kol , asparagus , kacang hijau , dan sayuran lainnya ialah makanan-makanan yang bermafaat penting untuk membantu mengatasi asam lambung.

6. Permen Karet
Jangan meremehkan permen karet , alasannya ialah di Journal of Dental Research memaparkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan memiliki manfaat untuk mengurangi keluhan asam lambung.

Berdasarkan penjelasan dari Rebecca Moazzez DPhil dari King’s College London , yang merupakan pimpinan penelitian itu menjelaskan bahwa mengunyah peremen karet berfungsi untuk melaju proses pelepasan air liur , sehingga asam yang terakumulasi di perut nantinya tercuci bersih.

Sehingga hal ini membuat persoalan asam lanbung dapat teraasi dengan lebih cepat , dan dapat mencegah asam lambung , atau minimalnya persoalan maag atau asam lambung menjadi menurun.

7. Baking Soda 
Baking soda juga berfungsi untuk menetralisir asam lambung , hal itu alasannya ialah sifat basa yang terdapat di dalam baking soda berfungsi untuk menetralisir asam lambung.

Seorang berjulukan Jacqueline Wolf , MD , yang merupakan hebat kesehatan dari Harvard Medical School , menawarkan rekomendasinya yaitu dengan mencampurkan 1/2 hingga 1 sendok teh baking soda ke segelas air , kemudian gres diminum.

Akan tetapi kalau asam lambung sudah terlihat parah , maka perlu cari cara lain. Hal itu alasannya ialah sulit untuk mengkonsumsi baking soda dalam jumlah banyak sekaligus , alasannya ialah baking soda memiliki kandungan garam yang bisa menimbulkan munculnya rasa mual , bahkan bisa hingga muntah.

8. Jahe 
Jahe dapat Anda andalkan untuk menyembuhkan asam lambung , akan tetapi yang perlu diketahui bahwa manfaat jahe dapat diperoleh kalau dikonsumsi dengan takaran yang pas.

Adapun kalau jahe terlalu banyak dikonsumsi malah akan menimbulkan kondisi penyakit asam lambung yang diderita semakin buruk. Paling aman cukup menggunakan jahe sebagai bumbu masak pada makanan , sehingga ini berkhasiat untuk membantu mengatasi asam lambung.

9. Pisang 
Pisang menyerupai diketahui memiliki banyak manfaat , yang salah satunya untuk mengatasi asam lambung. Dimana pisang dapat berperan sebagai antasida alami , yang berfungsi untuk melapisi dinding perut serta akses cerna sehingga terhidari dari persoalan iritasi oleh asam lambung.

Akan tetapi terkadang pisang tidak menawarkan manfaat untuk itu , hal itu alasannya ialah tidak semua jenis persoalan asam lambung cocok untuk diobati oleh pisang.

Sehingga apabila Anda sudah mengkonsumsi pisang beberapa waktu , tetapi tidak menawarkan manfaat maka cari cara yang lain saja.

10. Oatmeal
Oatmeal menjadi makanan yang cocok untuk dikonsumsi sarapan , ini merupakan makanan ringan yang sehat yang direkomendasikan oleh ‘The Reflux Diet’. Menonsumsinya membuat perut cukup kenyang dan tidak menyebabkan refluks.

11. Ayam dan kalkun
Makanan jenis unggas cukup cocok dikonsumsi bagi mereka yang mengalami persoalan asam lambung. Mengonsusinya bisa dengan direbus , dipanggang , atau ditumis (tapi jangan goreng). Mengonsumsinya juga (ayam , dll) dengan tanpa kulit , alasannya ialah tinggi lemak.

12. Ikan dan seafood
Seafood cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Ingat , cara mengonsumsinya ialah dipanggang atau ditumis , jangan digoreng. Jenis seafood yang disarankan dikonsumsi oleh penderita asam lambung ialah udang , lobster , kerang dan lainnya.

13. Seledri
Seledri hampir tidak terdapat kandungan kalori alasannya ialah kandungan airnya tinggi , dan ini ialah pilihan yang baik bagi orang-orang yang mengalami persoalan asam lambung. Seledri juga sumber yang sangat baik dari serat.


Pantangan makanan untuk penderita asam lambung

Selain proposal , terdapat beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung biar penyakitnya tidak menjadi lebih parah. Jika makanan pantangan hingga dikonsumsi maka berakibat pada meningkatnya asam lambung dan dapat mengiritasi lambung.

Berikut di bawah ini beberapa makanan pantangan bagi penderita asam lambung yang perlu dihindari:

1. Hindari makanan yang memiliki rasa pedas
Yaitu menyerupai cabai , saos , sambal , merica. Dimana mengkonsumsi secara berlebihan makanan pedas menimbulkan terjadinya persoalan iritasi pada lambung , hal itu alasannya ialah kondisi tubuh sedang terkena penyakit aam lanbung , sehingga dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada organ lambung.

Sehingga penderita aam lambung harus menghindari segala macam makanan pedas , atau minimal membatasi atau mengurangi konsumsinya dibandingkan biasanya.

2. Hindari makanan yang banyak mengandung gas
Beberapa diantaranya yaitu sayur kol dan sawi , hal itu alasannya ialah bisa memicu kondisi asam lambung menjadi naik , dimana hal ini sering menyebabkan penyakit lambung menjadi mudah kambuh.

3. Hindari makanan yang mengandung asam
Diantaranya cuka , acar dan asinan. Jika hingga mengonsumsi makanan yang mengandung asam maka dapat secara cepat dan eksklusif menimbulkan peningkatani asam di dalam lambung. Hal ini akan semakin memperburuk penyakit asam lambung.

4. Hindari buah-buahan asam
Yaitu menyerupai nanas , belimbing wuluh , lemon , kedondong , mangga muda dan beberapa lainnya , yang perlu untuk Anda hindari alasannya ialah kadar asam yang ada pada buah tersebut bisa sangat memicu dan meningkatkan suasana asam di dalam lambung.

5. Hindari makanan yang mengandung alkohol
Yaitu menyerupai tape singkong , manisan buah , tape ketan dan manisan sayur , alasannya ialah kandungan alkohol menimbulkan meningkatnya asam lambung , ancaman lainnya yaitu dapat mengiritasi lambung. Demikian juga , tentunya hindari minuman beralkohol alasannya ialah sangat tidak sehat.

6. Hindari makanan berminyak dan berlemak
Diantaranya menyerupai gorengan dan jeroan hewan serta makanan yang mengandung lemak trans , alasannya ialah menimbulkan terjadinya iritasi pada lambung.

7. Hindari makanan yang keras dan sulit dicerna
Yaitu menyerupai talas , singkong dan beras ketan alasannya ialah dapat bereko melukai lambung , alasannya ialah makanan berbentuk keras yang sulit dicerna menimbulkan lambung bekerja terlalu keras , berupa lambung yang lebih tinggi memproduksi asam lambung.

8. Hindari minuman yang mengandung alkohol
Bahaya minuman keras dan beralkohol yaitu dapat menipiskan selaput pelindung lambung , demikian juga perlu menghindari atau minimal membatasi minuman yang mengandung kafein menyerupai kopi , the dan kola alasannya ialah berpotensi meningkatkan produksi asam lambung.

[UPDATE]
Tips Mengurangi Gelaja Penyakit Asam Lambung , dan Mencegahnya Kembali

Lambung berisi dengan asam yang bergotong-royong bermanfaat untuk membantu pencernaan dan juga melindungi akses pencernaan dari benjol , akan tetapi kalau asam lambung berlebihan maka dapat menawarkan akhir yang buruk , yang menimbulkan rasa sakit hingga sangat nyeri.

Dimana gejala yang paling lazim terjadi yaitu adanya rasa panas terbakar di dada alasannya ialah adanya refluks asam , dimana itu dapat terjadi ketika asam lambung masuk ke dalam esofagus.

Penting untuk makan diet sehat dan seimbang , yang secara umum cukup baik ialah menkonsumsi buah , sayuran , serealia utuh , dan juga produk olahan susu rendah , atau dengan kata lain tanpa lemak.

Selain itu jangan lupa menyertakan protein sehat yang rendah lemak , menyerupai ayam , ikan , dan juga kacang-kacangan.

Kemudian minimalisir dalam menkonsumsi makanan yang banyak kandungan lemak jenuhnya atau lemak trans , demikian juga hindari:
  • Makanan berkolesterol.
  • Makanan banyak natrium (garam).
  • Makanan / minuman yang banyak gula tambahannya.

Jaga indeks massa tubuh (IMT) yang baik dan sehat , berat tubuh yang sesuai dengan tinggi dan jenis kelamin Anda.  Dimana rentang IMT normal ialah 18 ,5-24 ,9. IMT , sehingga yang di bawah 18 ,5 berarti kurus , dan yang massa tubuhnya antara 25 ,0-29 ,9 berarti sudah masuk kategori gemuk (ini masih dalam kondisi baik).

Adapun yang di atas 30 ,0 berarti sudah mauk ke tingkat obesitas , yang tentunya sangat berbahaya.

Anda bisa menggunakan kalkulator IMT , bisa cari di Google banyak , atau salah satunya kunjungi halaman aplikasi kalkulator IMT di laman Thecalculatorsite.com

Kemudian hindari makan dalam porsi yang besar alasannya ialah kurang baik , dimana kalau makan dalam porsi kecil tetapi dalam jumlah frekuensi makan yang lebih banyak , maka ini lebih baik , Anda bisa makan 4-5 kali sehari tetapi dalam porsi yang lebih kecil.

Dan dalam mengunyah makanan juga perlu melakukannya secara perlahan-lahan , kunyah makanan hingga risikonya halus ,  sehingga nantinya dapat lebih mudah untuk dicerna.

Untuk itu hindari makanan yang belum dikunyah dengan sempura masuk ke kerongkongan , alasannya ialah dapat memperberat kerja organ tubuh dalam mencerna makanan.

Selain itu , waktu yang diharapkan organ lambung untuk memberikan gosip keadaan kenyang di perut ke otak ialah selama kurang lebih 10 menit.

Sehinggga orang-orang yang makan dengan cepat maka akan cenderung makan secara berlebihan , alasannya ialah ketika makan dengan mengunyah yang tidak tepat , maka mengkibatkan lambung lebih lama dalam memproses pencernaan makanan , sehingga proses penyampaian gosip ke otak tersebut juga menjadi lebih lama.

Hindari makanan yang memperparah gejala PRGE , menyerupai minuman berkafein , terutamaka lagi minuman bersoda yang sangat tidak sehat untuk penderta asam lambung. Lalu juga penting menghindari megkonsumsi alkohol.

Lalu batasi mengkonsumsi makanan makanan pedas menyerupai cabai. Batasi makanan asam menyerupai jeruk dan saus yang mengandung cuka.

Hindari kebiasaan buruk yang memperparah persoalan asam lambung ini ialah merokok ataupun menggunakan produk tembakau lainnya , maka hentikan segera. Demikian juga alkohol dapat memperparah refluks asam , maka hentikan mengkonsumsinya.

Hindari berbaring setelah makan , lebih baik duduk dahulu beberapa saat.

Ketika mengalami heartburn atau rasa panas di adegan dada , maka hindari tidur dengan posisi telentang , hal itu alasannya ialah dapat meyebabkan asam beresiko naik ke kerongkongan , lebih baik ketika tidur dalam posisi miring ke kanan , itu lebih baik.

Pengobatan Asam Lambung
Pengobatan asam lambung , hal yang paling awal yaitu memperbaiki menu makanan Anda , dengan beralih ke jenis makanan yang rendah lemak dan bergizi untuk dikonsumsi.

Namin , apabila perbaikan pola makan yang dilakukan belum membuahkan hasil yang signifikan , maka perlu obat untuk meredakan gejala asam lambung yang dirasakan.


Komplikasi Akibat Asam Lambung atau GERD
Komplikasi penyakit asam lambung yang umum yaitu esofagitis. Itu merupakan sejenis penyaki peradangan yang terjadi di adegan dinding esofagus (kerongkongan). Masalah ini bisa menimbulkan penderitanya mengalami susah menelan , hal itu alasannya ialah timbulnya persoalan tukak disana.

Timbulnya tukak akhir dari kondisi lapisan dinding esofagus yang mengalami luka. Hal lebih buruk yang bisa berpotensi yaitu kanker esofagus (pada kerongkongan).

Obat-obatan Untuk Mengatasi Asam Lambung

Antasida
Antasida dapat secara eksklusif dibeli di apotek. Fungsi jenis obat Antasida yaitu menetralisir asam lambung. Jenis obat Antasida tidak disarankan digunakan berbarengan dengan jenis obat lainnya.

Hal itu alasannya ialah bisa memperngaruhi tingkat perembesan obat. Fungsi Obat jenis Antasida juga bisa menurunkan gejala rasa sakit yang terjadi akhir persoalan tukak.

Alginat
Konsumsi obat ini disarankan tepat setelah makan. Kegunaan jenis obat Alginat ialah memperikan proteksi pada adegan dinding perut dan kerongkongan dari terjadinya persoalan peradangan asam lambung. Konsumsi obat ini bisa tanpa resep dokter , sehingga bisa dibeli secara lansung di apotek.

Penghambat reseptor H2 atau H2-receptor antagonist (H2RA)
Jenis obat H2RA  berfungsi untuk menurunkan gejala asam lambung yang dirasakan dengan cara menawarkan penangkalan pada efek histamin.

Hal itu alasannya ialah histamin bekerja untuk memproduksi asam lambung , sehingga kondisi dikala ini tidak tepat untuk adanya produksi asam lambung alasannya ialah bisa membuat kondisi penyakit asam lambung yang diderita bisa semakin buruk.

Contoh obat H2RA yaitu nizatidine dan ranitidin. Untuk penggunaan jenis obat H2RA harus sesuai dengan resep dokter , tidak boleh dibeli di apotek secara lansung.

Proton-pump inhibitors (PPI)
Jenis obat PPI bekerja untuk mengambat produksi asam di dalam perut. Pada dasarnya , jenis obat ini tidak berefek samping. Kalaupun ada maka tidak menimbulkan persoalan serius. Jenis obat PPI contohnya yaitu esomeprazole , omeprazole dan lansoprazole. Obat jenis PPI penggunaannya perlu resep dokter.

Prokinetik
Fungsi obat Prokinetik ialah meningkatkan proses pengosongan perut biar berjalan dengan lebih cepat dari normalnya. Itu artinya , makanan bersama zat-zat lainnya menjadi lebih cepat untuk masuk ke dalam usus halus , hal ini risikonya berkhasiat untuk mencegah resiko asam lambung naik ke kerongkongan.

Penggunaan jenis obat Prokinetik bisa menimbulkan efek samping serius , dengan begitu tentunya penggunaannya akan membutuhkan saran dan resep dari dokter. Beberapa teladan jenis obat ini yaitu bethanecol dan domperidone.

Referensi


Add Your Comments

Disqus Comments

Recent Posts