18 Manfaat Lidah Buaya: Mengobati Iritasi Kulit Rambut Rontok Ketombe Jerawat dll

Dalam pengobatan tradisional , banyak yang memanfaatkan pengecap buaya untuk mengatasi permasalahan sembelit , penyakit kulit , kecacingan , infeksi dan obat alami untuk kolik. Orang-orang India yang paling sering memanfaatkan pengecap buaya untuk itu.

Adapun dalam pengobatan Cina , pengecap buaya banyak direkomendasikan dalam pengobatan penyakit jamur. Serta di dunia Barat , pengecap buaya banyak digunakan secara luas dalam industri kosmetik , farmasi dan makanan.

Bahkan , pembuatan ekstrak pengecap buaya yaitu salah satu industri botani terbesar di dunia.

Lidah Buaya

Banyak orang menggunakan gel pengecap buaya untuk mengatasi duduk perkara di kulit , menyerupai untuk mengobati luka bakar , radang hambar , psoriasis dan menjaga kulit dari duduk perkara terbakar sinar matahari.

Gel pengecap buaya juga banyak digunakan untuk mengobati osteoarthritis , penyakit usus , demam , gatal-gatal dan peradangan.

Kemudian juga digunakan sebagai obat alami untuk mengobati asma , sakit maag , diabetes dan untuk memenangkan.

Kandungan di dalam Lidah Buaya
Di dalam pengecap buaya mengandung banyak kandungan vitamin dan mineral penting. Berikut pemaparannya di bawah ini:
  1. Lidah buaya mengandung vitamin antioksidan A , C dan E - ditambah vitamin B12 , asam folat dan kolin.
  2. Mengandung delapan enzim yaitu aliiase , alkaline phosphatase , amilase , Bradykinase , Carboxypeptidase , katalase , selulase , lipase dan peroksidase.
  3. Mengandung mineral menyerupai mangnesium , kalsium , kalium , tembaga , selenium , natrium , kromium , mangan , dan seng.
  4. Mengandung senyawa aloin dan emodin , yang berfungsi sebagai analgesik , antibakteri dan antivirus.
  5. Memiliki siat anti-inflamasi.
  6. Lidah buaya mengandung gula , menyerupai monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida.

Manfaat Lidah Buaya Yang Sudah Terbukti

1. Mengatasi Masalah Ruam dan Iritasi Kulit
Laporan penelitian banyak menyebutkan perihal manfaat pengecap buaya yang bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat , pengobatan psoriasis , dermatitis , luka bedah dan luka bakar.

Sebuah Studi yang dilakukan pada tahun 1935. Menemukan bahwa ekstrak pengecap buaya memperlihatkan perlindungan untuk mengobati rasa gatal ,  luka bakar , serta membantu proses regenerasi kulit.

Pada tahun 2009 sebuah tinjauan sistematis , menjelaskan bahwa pemberian oral pengecap buaya pada tikus bisa secara efektif untuk menyembuhkan luka , dan mengurangi resiko tumor sekitar 90% pada hati , limpa dan sumsum tulang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan pengecap buaya cukup efektif dalam penanganan masala genital herpes , psoriasis , dermatitis , radang hambar , luka bakar dan peradangan. Lidah buaya memiliki tugas sebagai antijamur dan biro antimikroba.

loading...

2. Mempercepat Penyembuhan Luka dan Memperkuat Sistem Imun
Lidah buaya memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka hambar ataupun luka pada mulut.

Asam amino dan vitamin B1 , vitamin B2 , vitamin B6 dan vitamin C yang terkandung di dalam pengecap buaya juga sangat membantu. Salah satu manfaat vitamin B6 , salah satunya yaitu bertindak sebagai pengobatan nyeri alami dan menciptakan antibodi yang meperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Melembabkan Rambut Dan Kulit Kepala
Lidah buaya dapat dijadikan cara alami untuk mengatasi duduk perkara rambut kering dan kulit kepala yang gatal. Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang manfaatnya bisa menjaga rambut semoga berpengaruh dan sehat.

Karena pengecap buaya ini sifat antibakteri dan antijamur , penggunaannya juga membantu mengatasi duduk perkara ketombe.

Enzim yang terkandung di dalam gel pengecap buaya bisa membersihkan kulit kepala dari sel-sel mati dan juga membantu mengoptimalkan proses regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.

Ludah buaya dapat Anda manfaat untuk membantu menghilangkan gatal yang akhir ketombe atau kulit kepala yang kering.

Terlalu berlebihan penggunaan sampo dan kondisioner yang penuh dengan kandungan materi kimia , beresiko bisa menyebabkan kerusakan pada rambut , bahkan bisa menyebabkan munculnya peradangan dan iritasi kulit.

Lidah buaya bisa secara efektif untuk menjaga kulit kepala semoga terhindari dari serangan kuman , serta memperlihatkan kenyamanan pada kulit kepala.

Cara menggunakan pengecap buaya untuk rambut , Anda hanya perlu mengambil lendir dari daging pengecap buaya sebanyak mungkin.

Pastikan yang didapat dari lida buaya murni isinya , sehingga rambut Anda tidak terkarena bubuk atau kotoran lain dari pengecap buaya.

Gunakan gel pengecap buaya pada rambut , dengan memijat dan membilas ke semua episode rambut. Lakukan dari akar rambut sampai ke ujung-ujung rambut.

Setelah selesai , dimana semua episode rambut terkena gel pengecap buaya , maka diamkan sekitar 1 jam. Setelah gel meresap sepenuhnya , terakhir bilas rambut sampai bersih , sampai tidak ada sisa gel yang melekat pada rambut.

4. Mengobati Sakit Pencernaan
Sebuah studi yang dipublikasikan di dalam Journal of Research in Medical Sciences , menemukan bahwa konsumsi 30 mililiter jus pengecap buaya sebanyak dua kali dalam sehari , bisa bermanfaat untuk menurunkan gejala ketidaknyamanan pada pasien yang terkena duduk perkara sindrom iritasi usus besar.

Manfaat lainnya , pengecap buaya juga bisa menurunkan gejala perut kembung yang dirasakan.

Studi lainnya dari Avicenna Journal of Phytomedicine , dengan memperlihatkan ekstrak pengecap buaya pada kelompok tikus yang mengalami duduk perkara pencernaan.

Hasil penelitian menemukan bahwa kadar asam lambung bisa secara signifikan turun pada kelompok tikus diberikan pengecap buaya.

Lidah buaya juga telah digunakan dalam menyembuhkan sakit maag sebab memiliki zat antibakteri , yang bisa menyembuhkan secara alami.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Enzim yang terkandung di dalam pengecap buaya bisa membantu proses pemecahan protein yang dikonsumsi , menjadi asam amino , dan mengubah enzim menjadi materi bakar untuk setiap sel di dalam tubuh. Manfaatnya sel-sel dapat berfungsi dengan baik.

Lidah buaya bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengatasi serangan infeksi. Kandungan zinc di dalam pengecap buaya , berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Manfaatnya bisa menangkal serangan penyakit , membunuh kuman jahat di dalam tubuh dan melindungi fungsi membran sel tubuh.

Kandungan zinc di dalam pengecap buaya berkontribusi terhadap kesehatan tubuh , menjaga suasana hati dan menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Sebuah laporan penelitian di tahun 2014 , menemukan bahwa pengecap buaya telah terbukti berfungsi sebagai tanaman antiseptik , yang juga memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi , antivirus , antijamur , serta mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh.

6. Mengurangi Peradangan
Peradangan juga merupakan duduk perkara serius. Lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang membantu mengurangi peradangan dan melawan serangan radikal bebas yang merusak tubuh

Kandungan vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata , fungsi neurologis dan juga kesehatan kulit. Zat antioksidan memiliki manfaat besar dalam mengurangi peradangan.

Vitamin C yang terdapat di dalam pengecap buaya juga sangat penting untuk melindungi tubuh dari terkena resiko penyakit kardiovaskular.

Manfaat kandungan vitamin E termasuk menjadi antioksidan berpengaruh yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan akhir radikal bebas , melawan peradangan dan memperlambat penuaan sel yang terlalu cepat.

Kandungan zat antioksidan di dalam pengecap buaya bisa mencegah ancaman dari sinar UV matahari , dan melindungi kulit dari kanker kulit.

Lidah buaya juga dapat secara alami digunakan untuk mengobati jerawat dan eksim , sebab manfaatnya yang bisa membantu proses penyembuhan kulit.

7. Untuk Kulit , Kecantikan
Seorang dokter kulit yang berbasis di Delhi yaitu Dr. Deepali Bhardwaj , menjelaskan bahwa Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C , E dan beta karoten , yang memperlihatkan gizi bagi kulit dan berfungsi sebagai anti-penuaan.

Kandungan di dalam pengecap buaya bermanfaat untuk melembabkan kulit dan tidak menimbulkan kulit berminyak. Minum jus pengecap buaya di awal pagi (dimana kondisi perut dalam keadaan kosong) bermanfaat untuk kesehatan pencernaan , serta membuat kulit menjadi sehat , lebih cerah dan indah.

Salah satu cara untuk memanfaatkan pengecap buaya yaitu dengan menerapkan gel pribadi pada kulit , ini penggunaan pengecap buaya secara umum.

Untuk memanfaatkan pengecap buaya mengatasi duduk perkara kulit kering yaitu , pertama-tama siapkan beberapa pengecap buaya , satu sendok teh susu , sejumput kunyit , satu sendok teh madu dan air mawar (secukupnya , sekitar 10 tetes).

Semuanya Anda campurankan sehingga menjadi bentuk pasta nantinya. Setelah menjadi pasta , tinggal dioleskan ke kulit secra merata , kemudian diamkan sekitar sekitar 20 menit , lalu gres bersihkan kembali menggunakan air.

Adapun manfaat penggunaan pengecap buaya yang diaplikasikan ke wajah yaitu mencegah penuaan dini. Kandungan di dalam pengecap buaya bekerja untuk mencegah munculnya kerutan-kerutan wajah pada mereka yang masih berusia muda. Kulit wajah menjadi lebih segar , sehat dan tidak kusam.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Lidah buaya tinggi akan nutrisi protein , hal ini yang membuat beberapa andal kesehatan menyatakan bahwa mengonsumsi pengecap buaya bisa menyukseskan jadwal diet.

Hal lannya , pengecap buaya memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk membuat seseorang bisa kenyang lebih lama dan memiliki tugas penting dalam melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.

Manfaatkan pengecap buaya untuk diandalkan dalam perjuangan diet anda. Untuk mengonsumsi pengecap buaya yaitu dalam bentuk jus.

Menurut Britt Brandon , seorang penulis buku terkenal yang pernah menulis buku perihal manfaat kandungan di dalam pengecap buaya , menjelaskan bahwa kandungan di dalam pengecap buaya bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas diet dan memaksimalkan potensi penurunan berat badan.

Dimana kandungannya yang berupa vitamin dan mineral yang berkontribusi untuk penurunan berat tubuh , serta kandungan asam amino , sterol dan enzim yang mendukung penurunan berat tubuh dan memaksimalkan peresapan nutrisi oleh tubuh.

Bahan pengecap buaya ini banyak digunakan dalam banyak sekali bentuk produk kesehatan , salah satunya yaitu produk komplemen diet. Adapun beberapa studi telah mengambarkan bahwa pengecap buaya cukup efektif manfaatnya untuk penurunan berat badan.

9. Untuk Membantu Pertumbuhan Rambut
Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang bisa bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan rambut , serta menjadikan rambut lebih sehat. Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang berfungsi untuk menghancurkan dan membuang sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala.

Keberadaan sel kulit mati ini sangat merugikan kulit kepala , sebab berakibat terjadinya penyumbatan pada folikel rambut , sehingga pertumbuhan rambut menjadi terhambat dan rambut juga kekurangan nutrisi.

Lidah buaya akan memecah sel mati dan sebum yang bercokol di kulit kepala , kemudian bekerja untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut.

Lidah buaya memiliki sfat alkalizing yang berfungsi untuk menjaga kulit kepala , menstabilkan pH rambut semoga dalam kondisi yang normal / baik , dan menjaga kelembaban pada kulit kepala dan rambut.

10. Mengobati Luka Pada Bibir Akibat Virus Herpes
Pada penelitian yang sudah dilakukan beberapa kali mengenai pengecap buaya , menemukan bahwa kandungan di dalam pengecap buaya bisa mengobati luka pada bibir.

Hanya dengan cara mengoleskan krim dengan ekstrak pengecap buaya secukupnya secara rutin bisa mengoptimalkan upaya penyembuhan luka akhir serangan virus herpes.

11. Melebatkan Rambut
Lidah buaya banyak dimanfaatkan sebagai materi untuk pembuatan pada banyak merek shampoo. Kandungan di dalam pengecap buaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih maksimal , yang membuat rambut Anda nantinya dapat lebat dengan baik.

Kandungan enzim yang ada di dalam pengecap buaya bekerja untuk membersihkan kulit kepala dari sel kulit mati. Sehingga pertumbuhan rambut tidak terhambat dan bisa maksimal.

12. Mengobati Ketombe
Lidah buaya terdapat kandungan asam di dalamnya yang berfungsi penting untuk membasmi ketombe di kulit kepala. Penggunaannya hanya dengan mengoleskan gel pengecap buaya pada episode kulit kepala secara merata. Setelah itu biarkan 30 menit , lalu bilas kepala dan rambut sampai bersih.

13. Mencegah Kerontokan Rambut
Gel pengecap buaya memiliki kandungan protein yang manfaatnya sangat penting untuk mencegah rambut rontok. Gel pengecap buaya ini juga bekerja untuk memperkuat rambut sampai ke akar-akarnya , sehingga rambut tidak mudah rontok dan patah.

14. Melebatkan Alis Mata
Anda bisa mengaplikasikan gel pengecap buaya ke alis mata , lakukan menjelang tidur atau sebelum Anda tidur. Setelah itu bersihkan ketika Anda bangkit di pagi hari. Manfaat dari melaksanakan ini yaitu bisa membuat alis mata menjadi lebih tebal dan lebat.

15. Menghilangkan Jerawat
Lidah buaya yang memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya di dalamnya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat , bekas jerawat dan juga flek di wajah. Anda bisa dengan mudah untuk memanfaatkan materi alami gel pengecap buaya ini untuk diaplikasikan pada episode jerawat di wajah.

16. Mencegah Peradangan Kulit Kepala
Jika seseorang mengalami duduk perkara kulit kepala yang sensitif , maka akan rentan terkena peradangan di kulit kepala.  Penggunaannya dengan mengoleskan gel pengecap buaya pada kulit kepala.

Dengan kandungan di dalam pengecap buaya berupa bradykinase , asam salisilat dan enzim analesgic yang bersifat sebagai anti peradangan bermanfaat untuk membuat kulit kepala tidak mudah gatal dan tercegah dari duduk perkara iritasi.

17. Mengobati Wasir
Penyakit wasir sangat mengganggu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari , kurangnya mengonsumsi makanan berserat menyebabkan timbulnya penyakit ini.

Anda bisa memanfaatkan kandungan yang ada pada pengecap buaya untuk mengobati wasir. Anda dapat mengonsumsi ramuan jus pengecap buaya yang bisa dicampur dengan madu dan air hangat.

18. Mengobati Bisul
Anda juga bisa menggunakan pengecap buaya untuk membantu mengobati penyakit bisul. Hanya dengan menumbuk daunnya dan tambahkan garam , lalu tempelkan pada episode tubuh yang terkena bisul. Biarkan selama dua jam atau lebih , sehingga nantinya penyakit abuh bisa membaik.

Efek Samping Lidah Buaya
Secara umum pemanfaatan gel pengecap buaya pada kulit cukup aman. Hanya saja , dalam kondisi tertentu gel pengecap buaya dapat menimbulkan sensasi berupa gatal-gatal dan kulit terasa terbakar. Sehingga penggunaan pengecap buaya tidak boleh berlebihan / terlalu sering.

Berbeda dengan gel , penggunaan lateks pengecap buaya dengan jumlah banyak sekaligus bisa menimbulkan timbulnya duduk perkara kram dan sakit perut dan kram kalau dikonsumsi. Hal ini kalau berlansung lama dapat memperlihatkan resiko pada gangguan ginjal jantung.

Oleh sebab itu , sebelum menggunakan produk yang mengandung materi utama pengecap maka hendaknya membaca dengan cermat dulu pada label informasi di kemasannya. Anda wajib untuk mengikuti aturan penggunaannya.

Jika Anda ingin menggunakan produk pengecap buaya , maka jangan sembarangan dalam mengonsumsinya. Penting untuk mencermati pada label informasi kemasan guna mengetahui apakah produk pengecap buaya tersebut cocok atau tidak.

Anak-anak yang dibawah umur 12 tahun hendaknya menghindari penggunaan pengecap buaya , dampaknya kalau dikonsumsi berpotensi menyebabkan sakit perut , diare dan kram.

Ibu hamil juga perlu menghindari penggunaan dan konsumsi pengecap buaya sebab beresiko menyebabkan keguguran.

Jika kondisi penyakit wasir dan ginjal semakin buruk maka hentikan penggunaan / konsumsi pengecap buaya. Demikian juga hindari konsumsi pengecap buaya kalau menyebabkan duduk perkara pada usus.

Utamakan untuk menggunakan produk berbahan dasar pengecap buaya yang terdaftar di BPOM RI.

Referensi: Draxe.com | Food.ndtv.com | Lainnya


Add Your Comments

Disqus Comments

Recent Posts