Perawatan Rambut Rontok Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perawatan rambut rontok , kenali penyebab dan cara mengatasinya - Rambut rontok yakni kondisi medis yang sangat kompleks dan ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Ada banyak pula perawatan rambut rontok yang efektif untuk mengatasi kerontokan rambut menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kita temukan dialam.

Artikel ini akan memberi Anda gosip yang berkhasiat terkait perawatan rambut rontok , mengenali penyebab dan tips mengatasi dan mencegah rambut rontok , cara mengatasi kerontokan rambut menggunakan metode tradisonal alami yang bisa anda pergunakan sendiri dirumah.

Catatan penting yang harus di ingat sebelum Anda menggunakan cara mengatasi rambut ini , meskipun artikel ini mengulas ihwal perawatan rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami. Bukan berarti bahwa cara ini dapat diterapkan untuk semua orang yang mengalami kerontokan rambut.

Dalam kasus Anda memiliki alergi terhadap salah satu materi yang digunakan untuk cara alami mengatasi rambut rontok atau kalau Anda mengalami kondisi kerontokan rambut parah. Alangkah sangat bijaksana kalau Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan perawatan rambut alami ini.

Perawatan Rambut Rontok , Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

 Perawatan Rambut Rontok , Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Rambut di ibaratkan sebagai mahkota kemuliaan , terutama bagi para wanita di seluruh dunia. Untuk menjaga mahkota kemuliaan mereka tetap terlihat mengagumkan dan menarik perhatian banyak orang! Tak sedikit dari mereka mencari dan menggunakan banyak sekali cara dan metode untuk perawatan rambut mereka.

Salah satu problem yang sering dialami sebagian besar orang dengan rambut mereka yakni kerontokan rambut. Memiliki problem rambut rontok , memang cukup menyita waktu dan perhatian kita , khususnya bagi para wanita. Oleh karena itu pula , banyak industri yang membuat banyak sekali produk  perawatan rambut , misalnya produk shampo untuk mengatasi problem rambut rontok.

Menggunakan produk-produk shampo untuk mengatasi rambut rontok , memang terbilang cara yang paling mudah , tanpa membuat kita repot untuk mengolah bahan-bahan yang akan kita jadikan sebagai pengobatan rambut rontok. Bagi Anda yang suka bereksperimen membuat perawatan rambut rontok sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang mudah kita temukan di dapur kita! Maka Anda dapat mencoba bahan-bahan alami yang sering di gunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

Mengenal Penyebab Kerontokan Rambut

Masalah rambut rontok bukan hanya suatu kondisi medis yang kompleks , tapi juga mensugesti setiap aspek kehidupan penderita yang mengalaminya. Bagi Anda yang belum mengalami problem kerontokan pada rambut , melaksanakan pencegahan dengan cara mengetahui penyebab kerontokan rambut yakni salah satu solusi terbaik semoga terhindar dari problem rambut rontok.

Namun , bukan berarti Anda yang sudah mengalami rambut rontok , mengabaikan penyebab kerontokan rambut. Anda juga harus mengetahui penyebab rambut rontok ini , semoga nantinya dapat mencegah terjadinya kembali gangguan emosional yang menghancurkan ini di kemudian hari.

Berikut ini , kami rangkumkan hanya untuk Anda beberapa penyebab rambut rontok , yang sering di alami banyak orang. Teruslah membaca artikel ini! untuk mengetahui tips-tips perawatan rambut rontok , mengenal penyebab kerontokan rambut dan cara mengatasi rambut rontok ini.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok
Mengapa rambutku rontok terjadi?
Pada umumnya rambut kita akan jatuh sekitar  50 hingga 100 helai rambut setiap hari dan ini merupakan kondisi yang wajar. Kepala kita di tumbuhi seratus ribu lebih folikel di kulit kepala , yang sering membuat kita tidak sadar kalau rambut kita jatuh setiap harinya. Jumlah kerontokan rambut  lima puluh hingga seratus helai rambut perhari dianggap tidak signifikan.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh faktor hormonal , genetik , dan aspek lingkungan. Bentuk paling umum dari kerontokan rambut , baik terjadi pada pria maupun wanita , yakni androgenetic alopecia atau kebotakan terencana , dan memang benar bahwa pria lebih cenderung kehilangan rambut daripada wanita.

Baca juga "Penyebab Androgenic Alopecia"

Tapi rambut menipis dan rambut rontok juga sering terjadi pada wanita , dan tidak kurang demoralisasi. Alasannya bisa berkisar dari kekurangan vitamin dan hingga yang lebih kompleks , mirip kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Dalam banyak kasus , ada beberapa cara untuk mengobati rambut rontok pria dan wanita. Semuanya tergantung pada penyebabnya. Berikut yakni beberapa alasan umum dan tidak terlalu umum mengapa Anda mungkin mengalami kerontokan rambut di kepala Anda.

Stres fisik

Stres fisik
Segala jenis syok fisik-operasi , kecelakaan kendaraan beroda empat , atau penyakit parah , bahkan flu. Bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini bisa memicu jenis kerontokan rambut yang disebut telogen effluvium. Rambut memiliki siklus hidup terprogram: fase pertumbuhan , fase istirahat dan fase shedding. Bila Anda memiliki peristiwa yang benar-benar menegangkan , ini bisa mengejutkan siklus rambut , (mendorong) lebih banyak rambut ke fase kerontokan. Rambut rontok sering menjadi terlihat tiga hingga enam bulan setelah trauma.

Gangguan Hormon

Perawatan Rambut Rontok , Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Rambut Anda bisa menyampaikan tanda-tanda adanya problem yang terjadi di dalam diri. Ketika tubuh menghadapi krisis , hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menyusut untuk memberi ruang tubuh Anda mengarahkan energi ke adegan tubuh lainnya.

Inilah sebabnya mengapa problem rambut rontok tidak boleh dianggap remeh. Meski usia berkontribusi pada rambut rontok , faktor lain mirip gangguan hormon juga bisa menyebabkan penipisan rambut dan bahkan bisa menjadi contoh kebotakan pria.

Beberapa hormon yang dapat menyebabkan terjadinya kerontoak rambut seperti: Hormon Alopesia Androgenetik , Hormon Alopesia Areata , dan Hormon Dihydro Testosterone (DHT).

Baca juga "Penyebab Alopecia Areata".

Hormon disekresikan oleh kelenjar endokrin dan dilewatkan melalui pemikiran darah , ke jaringan dan organ di mana mereka mensugesti fungsi tubuh. Pergeseran minimal atau ketidakseimbangan hormon biasanya akan membawa perubahan yang luar biasa pada tubuh secara keseluruhan dan pertumbuhan rambut. Masalah hormonal yakni penyebab umum kerontokan rambut pada wanita dan pria.

Baca juga "Hormon Apa yang Menyebabkan Rambut Rontok?".

Meskipun ketidakseimbangan hormon biasanya dialami wanita dikala menopause , perimenopause , kehamilan , atau kelainan endokrin mirip sindrom ovarium polikistik (PCOS) , setiap wanita rentan terhadap kondisi tersebut karena contoh makan dan gaya hidup memiliki dampak besar pada kadar hormon.

Pengaruh Gizi dan Vitamin

Seseorang yang mengalami rambut rontok juga bisa disebabkan oleh pengaruh defisiensi gizi dan vitamin. Sementara metabolisme folikel rambut dalam tubuh , dan pertumbuhan rambut dapat dipengaruhi oleh kekurangan gizi kalori dan protein serta defisiensi mikronutrien , yang kaitannya sangat kompleks.

Mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin sangat diharapkan untuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Jika tubuh kita mengalami kekurangan nutrisi , maka hal ini akan mensugesti kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk rambut Anda , (rambut bisa menjadi rontok , tumbuh menipis dan mudah rapuh).

Penggunaan Bahan Kimia

Penggunaan materi kimia juga merupakan penyebab rambut rontok , terutama pada wanita. Meski rambut rontok seringkali lebih berafiliasi dengan pria dibanding wanita , wanita juga bisa mengalami problem dengan rambut menipis , botak atau rambut rontok di kulit kepala.  Salah satu alasan umum ini bisa terjadi karena terpapar materi kimia tertentu. Penggunaan materi kimia , misalnya pewarna rambut , dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut dan biasa menjadi fatal akibatnya.

Pewarna rambut yang mengandung materi kimia peroksida atau amonia juga bisa menjadikan problem dengan rambut rontok. Bila digunakan secara berlebihan dari waktu ke waktu , materi kimia ini melemahkan dan merusak rambut Anda , dan juga dapat menyebabkan luka bakar , gatal , dan iritasi kulit kepala.

Bahan kimia yang digunakan dalam proses pelurusan rambut (rebounding) , juga dapat menyebabkan problem pada rambut rontok. Bahan kimia utama yang menjadi perhatian dalam produk ini yakni sodium hidroksida , lebih dikenal dengan alkali. Perasa rambut dirancang untuk menembus lapisan kortikal batang rambut Anda sehingga bisa mengubah struktur rambut keriting alami. Sayangnya , hal itu juga melemahkan rambut dan bisa menyebabkan kulit kepala terbakar dan rambut rontok.

Pengobatan resep dan perawatan penyakit tertentu juga bisa menyebabkan rambut rontok. Beberapa materi kimia yang paling banyak dikenal yang diyakini melaksanakan ini yakni obat melawan kanker , mirip yang digunakan untuk kemoterapi. Resep lain yang dapat menyebabkan kerontokan rambut termasuk obat-obat tertentu untuk asam urat , depresi , tekanan darah tinggi , artritis dan problem jantung.

Efek Samping Obat

Obat-obatan dirancang untuk mengobati banyak sekali kondisi kesehatan , namun terkadang efek samping yang tidak diinginkan dapat terjadi pada siapa saja. Obat tertentu dapat menyebabkan pertumbuhan rambut berlebih , perubahan warna rambut atau tekstur , atau bahkan rambut rontok. Kerontokan rambut jawaban efek samping obat , mirip jenis rambut rontok lainnya , dapat memberi efek aktual pada harga diri Anda.

Obat menyebabkan rambut rontok dengan mengganggu siklus normal pertumbuhan rambut kulit kepala. Selama fase anagen , yang berlangsung selama dua hingga enam tahun , rambut tumbuh. Selama fase telogen , yang berlangsung sekitar tiga bulan , rambut menempel. Pada selesai fase telogen , rambut rontok dan digantikan oleh rambut baru.

Ada banyak jenis obat yang berbeda diperkirakan menyebabkan rambut rontok , diantaranya ialah: Obat jerawat yang mengandung vitamin A (retinoid) , Antibiotik dan obat antijamur , Antidepresan , Pil KB , Obat anticlotting , Obat penurun kolesterol , Obat yang menekan sistem kekebalan tubuh , Obat yang mengobati kanker payudara dan kanker lainnya , Obat epilepsi (antikonvulsan) , Obat tekanan darah tinggi (anti-hipertensi) , mirip beta-blocker , ACE inhibitor , dan diuretik. Terapi penggantian hormon , Mood stabilizer , Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) , Obat penyakit Parkinson , Steroid , Obat tiroid , Obat penurun berat badan.

Selain itu , obat kemoterapi sering menyebabkan anagen effluvium jenis rambut rontok. Karena obat ini membunuh sel kanker di seluruh tubuh , mereka juga dapat merusak sel sehat , termasuk sel matriks rambut. Rambut biasanya mulai rontok dalam waktu dua ahad setelah memulai kemoterapi dan berlangsung lebih cepat setelah satu hingga dua bulan , menurut American Cancer Society. Kerontokan rambut lebih umum dan parah pada pasien yang menggunakan kombinasi obat kemoterapi daripada pada mereka yang hanya menggunakan satu obat.

Kehamilan Penyebab Rambut Rontok

Kehamilan Penyebab Rambut Rontok
Rambut rontok selama kehamilan , sekitar 90% rambut Anda tumbuh pada satu waktu , sementara 10% lainnya memasuki fase istirahat. Setiap dua hingga tiga bulan rambut yang acak-acakan jatuh dan memungkinkan rambut gres tumbuh di tempatnya. Telogen effluvium yakni penumpahan rambut yang berlebihan yang terjadi satu hingga lima bulan setelah kehamilan. Hal ini tidak biasa , karena mensugesti antara 40 hingga 50% wanita; Tapi mirip kebanyakan perubahan selama kehamilan , itu bersifat sementara.

Kehilangan rambut yang berafiliasi dengan kehamilan biasanya terjadi setelah melahirkan. Selama kehamilan , peningkatan jumlah rambut masuk ke fase istirahat , yang merupakan adegan dari siklus rambut rontok yang normal.

Kondisi ini tidak cukup serius untuk menyebabkan bintik botak atau kerontokan rambut permanen , dan harus mulai berkurang dalam waktu 3-4 bulan setelah melahirkan. Jika Anda merasa bahwa Anda mengalami rambut rontok yang tidak biasa dikala Anda hamil , ini mungkin karena kekurangan vitamin atau mineral.

Mengapa banyak orang membicarakan rambut rontok dan kehamilan? Periode kerontokan rambut yang paling umum terjadi sekitar tiga bulan setelah melahirkan. Kenaikan hormon selama kehamilan membuat Anda kehilangan rambut. Setelah melahirkan , hormon kembali ke tingkat normal , yang memungkinkan rambut rontok dan kembali ke siklus normal. Kerontokan rambut normal yang tertunda selama kehamilan bisa rontok sekaligus.

Sampai 60% rambut Anda yang berada dalam keadaan pertumbuhan bisa masuk ke dalam keadaan istirahat. Kerontokan rambut biasanya mencapai puncak 3-4 bulan setelah melahirkan karena folikel rambut Anda meremajakan diri. Seperti disebutkan di atas , kerontokan rambut ini bersifat sementara , dan rambut rontok kembali normal dalam waktu enam hingga dua belas bulan.

Rambut rontok bisa dipicu oleh apapun yang melibatkan perubahan keseimbangan hormon estrogen di sistem anda. Kasus rambut rambut lainnya , yang sering menjadi penyebab rambut menjadi rontok termasuk penggunaan alat penata rambut , jarang keramas , terlalu kencang mengikat rambut , penyakit , gangguan emosional , sinar matahari serta polusi , rokok , dan infeksi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

 Cara Mengatasi Rambut Rontok
Diatas Anda telah membaca dan mengetahi penyebab rambut rontok , sekarang kita tiba dimana kami akan membahas mengenai tips cara mengatasi rambut rontok. Sebenarnya untuk mengatasi rambut rontok tidaklah terlalu susah dan rumit. Ini yakni cara mengatasi rambut rontok yang sederhana plus  menggunakan bahan-bahan yang alami. Apakah Anda tertarik ingin mencobanya? Simak ulasan dibawah ini:

Daftar Menu Sarapan untuk Mengatasi Rambut Rontok

Apakah Anda sedang mencari wangsit yang bagus dan sederhana sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok? Sarapan yakni cara yang sederhana untuk mengatsi problem kerontokan rambut. Memasukan jenis makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut kedalam menu sarapan Anda , yakni langkah yang baik untuk memulai awal hari Anda. Pilihlah makanan yang kaya akan kandungan protein , gizi dan vitamin seperti:
  1. Bayam: Bayam merupakan sumber zat besi , vitamin A , C dan protein. Kekurangan zat besi yakni penyebab utama rambut rontok dan bayam tidak hanya kaya zat besi , tapi juga mengandung sebum yang berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut. Ini juga memberi kita asam omega-3 , magnesium , potassium , kalsium dan zat besi. Ini membantu dalam menjaga kulit kepala dan rambut berkilau yang sehat.
  2. Wortel dan Ubi Jalar: Sikat wortel dalam makanan Anda untuk hasilkan rambut panjang dan berkilau. Wortel dikenal baik untuk mata , wortel mengandung Vitamin A yang juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Ubi jalar juga dikemas dengan beta karoten yang mengubah vitamin A dalam tubuh kita. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala kering dan gatal.
  3. Telur dan Produk Susu: Susu , yogurt , keju , telur dll diisi dengan nutrisi penting mirip protein , vitamin B12 , zat besi , seng dan asam lemak omega 6. Produk susu juga merupakan sumber biotin (Vitamin B7) yang terkenal bisa melawan rambut rontok.
  4. Oats: Sertakan semangkuk besar oats dalam makanan pagi Anda untuk membuat selamat tinggal pada rambut rontok. Oat kaya serat , seng , besi , asam lemak omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang merangsang pertumbuhan rambut dan akan membuat rambut Anda tebal dan sehat.
  5. Kenari: Tambahkan kenari ke makanan Anda untuk mencegah rambut rontok. Ini yakni satu-satunya kacang yang diketahui mengandung biotin , vitamin B (B1 , B6 dan B9) , Vitamin E , banyak protein dan magnesium , yang semuanya memperkuat kutikula rambut dan memberi nutrisi pada kulit kepala. Ini membantu melindungi sel Anda dari kerusakan DNA yang mungkin disebabkan karena paparan sinar matahari.
  6. Lentil: Lentil sarat dengan protein , zat besi , seng , dan biotin. Selain itu , lentil penuh dengan asam folat yang diharapkan untuk memulihkan kesehatan sel darah merah yang memasok kulit dan kulit kepala dengan oksigen yang sangat dibutuhkan.
  7. Ayam: Daging unggas kaya akan protein berkualitas tinggi yang memperkuat rambut dan mencegah kerusakan. Karena rambut dan kuku terdiri dari protein , Anda harus memasukkannya ke dalam makanan sehari-hari.
  8. Strawberry: Stroberi mengandung kadar silika tinggi. Silika yakni mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan rambut. Makanan kaya silika lainnya termasuk nasi , gandum , bawang merah , kol , mentimun , dan kembang kol. Baca juga "manfaat buah stroberi untuk kesehatan rambut".
  9. Yogurt: Yogurt dikemas dengan Vitamin B5 dan Vitamin D yang dikenal bisa meningkatkan kesehatan folikel rambut. Sebagai alternatif , Anda juga bisa menggunakan yoghurt untuk membuat masker rambut sesekali.
  10. Makanan yang kaya vitamin C: Vitamin C mendukung absorpsi zat besi dalam tubuh kita , kekurangannya bisa menyebabkan rambut rontok. Vitamin C juga dikenal dengan sifat antioksidannya yang bisa mengurangi kerusakan disebabkan oleh radikal bebas yang bisa membuat rambut Anda rapuh dan lemah. Tambahkan buah-buahan mirip jeruk , pepaya , blueberry , dan kiwi untuk pencuci verbal Anda. Vitamin C juga membantu dalam produksi protein penting yang disebut kolagen untuk memperkuat pembuluh darah yang mendukung batang rambut.

Baca juga Tips Perawatan Rambut Rontok:
- Cara Mengendalikan dan Menghentikan Kerontokan Rambut
- Cara Mengatasi dan Mencegah Rambut Rontok dengan Oatmel
- Resep Jahe untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok
- Solusi Pengobatan Rambut Rontok pada Wanita



Add Your Comments

Disqus Comments

Recent Posts