15 Manfaat Daun Karet Kebo Untuk Kesehatan Khasiat Pengobatan & Lingkungan

Meskipun jenis tanaman ini berasal dari India , tapi pohon yang mempunyai nama ilmiah Ficus elastica ini umum terdapat di negeri kita. Daun karet kebo merupakan sebutan dari bahasa Jawanya. Adapun untuk sebutan bahasa Inggrisnya "Rubber Plants".

Biasanya karet kebo tumbuh di perkarangan yang luas , bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias di rumah.

Karet Kebo memiliki ciri daun yang besar dan lebar , yang daunnya berwarna merah hati dikala muda dan berwarna hijau renta dikala daunnya dewasa.

Bentuk daunnnya dinilai unik (lebar mirip kebo) , dengan mempunyai khasiat yang segudang. Banyak yang memanfaatkan daun karet kebo untuk khasiat kesehatan dan obat tradisional.

Yang hebatnya , daun karet kebo juga telah terkenal diseluruh dunia , dimana telah dikenal di benua Eropa dan China. Daun karet kebo memiliki banyak kandungan senyawa yang penting bagi kesehatan tubuh. Daun karet kebo juga umum dimanfaatkan masyarakat di India.

Daun Karet Kebo
Gambar: Daun Karet Kebo

Manfaat Daun Karet Kebo

1. Mengatasi Penyakit Stroke
Laman “Information About Rubber Plants & Cleaning the Air” memaparkan perihal manfaat tanaman yang berjulukan ilmiah Ficus robusta jikalau ditanam sebagai tanaman hias , dimana tanaman karet kebo ini sangat mudah dirawat.

Manfaatnya ternyata dapat memperbaiki kualitas udara menjadi lebih baik , menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA. Daun karet kebo bisa menyerap materi kimia berbahaya di udara.

Daun karet kebo menyerap karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang menyehatkan untuk bernapas. Selain itu juga menghilangkan kuman dan spora jamur di udara. Bahkan bisa mengurangi jamur dan kuman yang ada di ruangan sebanyak 50 atau 60 persen.

Pada goresan pena berjudul “The Best Air-Purifying Plants for Your Home” , menyebutkan perihal cara perawatan tanaman karet kebo , dimana Anda bisa meletakan tanamannya di rumah atau ruangan.

Untuk merawatnya maka Anda hanya perlu memperlihatkan air secukupnya supaya tanah bisa tetap lembab. Tanaman ini bisa hidup walaupun kurang menerima sinar matahari.

Anda bisa memangkas daunnya dan bersihkannya supaya terlihat tetap indah. Manfaatnya bisa menghilangkan zat berbahaya mirip karbon monoksida , formaldehid , trichloroetilena dan banyak lagi.

Hanya saja , tanaman karet kebo ini tidak dekat bagi kucing dan anjing , sehingga Anda perlu menghindarinya supaya tidak dekat-dekat dengan tanaman ini.

13. Meningkatkan Kualitas Udara Sehingga Tubuh Menjadi Sehat
Pada sebuah goresan pena berjudul “Go Green: Health Benefits Of Houseplants” , menyebutkan bahwa studi telah menemukan manfaat memiliki tanaman di rumah ialah akan memperlihatkan manfaat kesehatan mental dan fisik , sebab kualitas udara yang meningkat.

Dengan memiliki tanaman karet kebo yang dijadikan tanaman hias di rumah maka membantu Anda untuk bernafas lebih mudah dan lebih baik kualitas udaranya.

Polutan berbahaya mirip formaldehida , aseton dan benzena bisa muncul dari adanya barang-barang di dalam rumah mirip karpet , asap rokok , cat , dll.

Menurut NASA , tanaman bisa menghilangkan racun di udara , yang bisa membersihkan sampai 87 persen senyawa organik volatil (VOC) di udara. Tanaman ini menjadi penghilang toksin paling efektif.

14. Meringankan gejala alergi dan asma
Manfaat lainnya dari menaruh tanaman ini di rumah , ialah membantu untuk mengatasi gejala asma dan alergi akhir kualitas udara yang buruk.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia , menemukan bahwa tanaman hias (seperti tanaman karet kebo) dapat membantu meringankan gejala alergi.

Tanaman ini berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelembaban dan mengurangi abu di rumah Anda. Studi juga menunjukkan bagaimana dengan adanya tanaman indoor bermanfaat untuk mengurangi batuk , sakit tenggorokan , asma dan gejala hambar lainnya sampai 30 persen.

Tanaman ini bisa melepaskan sekitar 97 persen air yang mereka serap , yang dapat meningkatkan tingkat kelembaban ruangan , sehingga dapat membantu untuk mencegah penyakit pernafasan.

Manfaat lainnya dari kualitas udara yang bersih ini ialah menjaga fungsi kognitif supaya tetap baik. Dengan memiliki tanaman yang menyehatkan udara di rumah bemanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif , konsentrasi dan daya ingat , mental dan menghindari stres.

Sebuah studi menunjukkan bahwa siswa bisa 70 persen lebih fokus dan perhatian ketika kelasnya terdapat tanaman yang menyehatkan udara.

Dengan kualitas udara yang bagus dan berkualitas maka akan membantu menjaga kesehatan mental dan suasana hati. Selain itu juga mengurangi stres dan kegelisahan.

Perawatan tanaman ini sangat mudah , anda cukup menyiraminya secara teratur , dan tanaman ini dapat tahan pada udara hambar dan daerah yang kurang pasokan cahaya.

15. Manfaat Lainnya
Beberapa manfaat lainnya dari daun karet kebo ialah baik untuk kesehatan pencernaan , dapat menyehatkan usus , menyehatkan kulit dan mengatasi dilema pembengkakan.


Add Your Comments

Disqus Comments

Recent Posts