17 Khasiat Putri Malu Untuk Kesehatan Susah Tidur Diabetes Demam dll

Tentunya Anda sudah sangat mengenal keunikan dari tumbuhan putri aib , dimana daunnya mengatup ketika disentuh. Mungkin waktu masa belum dewasa Anda pernah memainkan tumbuhan putri aib di lingkungan sektiar.

Tumbuhan putri aib ini sangat sensitif terhadap rangsangan , sehingga akan mengatupkan daunnya ketika disentuh , alasannya yaitu itulah tanaman ini dinamakan dengan putri malu.

Pada dasarnya , tumbuhan ini akan mengatupkan daunnya ketika kondisi matahari terbenam , kemudian membukanya daunnya lagi ketika waktu matahari terbit.

Tanaman Putri Malu
Tanaman Putri Malu | Sumber gambar: Wikimedia.org

Tumbuhan putri aib di dalamnya memiliki kandungan tanin , mimosin dan asam pipekolinat. Kandungan-kandungan tersebut baik bagi tubuh.

Tumbuhan putri aib memiliki nama latin Mimosa pudica L. Dalam bahasa Inggris , tumbuhan putri aib sering disebut dengan nama “touch-me-not” atau “sensitive plant”.

Putri aib memiliki manfaat dari kandungan yang ada di dalamnya , adapun episode dari putri aib yang bisa digunakan yaitu semua bagiannya (terutama episode daun akar).

Khasiat Tanaman Putri Malu

1. Mengobati Luka Diabetes
Dari laman Viva.co.id , menyebutkan bahwa tumbuhan putri aib memiliki khasiat untuk mengobati luka bagi penderita Diabetes. Hal ini berdasarkan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya , Malang , Jawa Timur.

Penelitian ini dipimpin oleh Adhi Satriyo Utomo bersama dengan kawan-kawan dari tim peneliti. Peneltian ini mencari tahu perihal manfaat akar putri aib dalam bentuk ekstrak kloroform untuk penyembuhan luka diabetes. Penelitian ini menggunakan obyek tikus.

Hasil penelitian menemukan bahwa kandungan di dalam tumbuhan putri aib bisa memiliki kegunaan untuk menyembuhkan luka pada penderita diabetes.

Adhi Satriyo Utomo menjelaskan bahwa orang-orang yang mengalami diabetes kronis (stadium akhir) umumnya akan terkena problem lainnya pada episode gigi dan gusinya (sebagai komplikasi dari penyakit diabetes).

Pihak kesehatan atau dokter , umumnya dalam mengatasi komplikasi pada gigi dan gusi ini , akan melaksanakan prosedur tindakan operasi. Hal ini dibutuhkan alasannya yaitu kondisi banyaknya karang gigi dan kuman-kuman yang bersarang di dalam verbal (pada gigi dan gusi).

Tindakan operasi yang dilakukan umumnya akan menunjukkan efek berupa luka pada gusi , yang juga bisa menyebabkan gigi menjadi goyang , hingga karenanya bisa lepas.

Adhi Satriyo Utomo menjelaskan bahwa dirinya beserta tim peneliti akan mencari sebuah solusi semoga meminimalisir komplikasi luka yang dampaknya dapat menimbulkan kegagalan fungsi organ verbal ini. Solusi ini dengan memanfaatkan ekstrak akar Putri Malu.

Pada awalnya , para peneliti akan memakai obyek tikus percobaan. Hasil penelitiannya membuktikan bahwa ekstrak akar putri aib bisa bekerja (pada penderita diabetes) untuk mengoptimalkan dan mempercepat proses penyembuhan luka pada episode gigi dan gusi.

Adhi bahkan memaparkan bahwa dengan pemanfaatan tanaman putri aib ini , hanya dalam waktu dua hari gula darah sudah bisa menurun , padahal apabila memanfaatkan tumbuhan herbal lainnya maka durasi penurunan gula darah memerlukan waktu 20 hari hinggai 1 bulan.

Adhi juga mengungkapkan bahwa ekstrak akar putri aib ini bisa dengan lebih cepat menutup luka pada gusi. Walaupun penelitian ini memakai tikus sebagai hewan percobaan , namun ketika diterpakan pada insan , khasiat kandungan di dalam akar putri aib bisa berfungsi dengan baik.

Adhi juga menceritakan pengalaman bersama tim peneliti. Dimana tim peneliti pernah mencoba untuk mengaplikasikan ekstrak akar Putri Malu pada tangan seorang anggota tim peneliti yang terkena gigitan tikus , dan hasilnya luka pada tangan bisa lebih cepat sembuh , serta tidak menunjukkan dampak atau efek samping.

Untuk menggunakan ramuan dari materi akar putri aib ini untuk mengobati luka pada gusi penderita diabetes. Carana , pertama-tama akar putri aib perlu dijemur hingga kering.

Setelah itu , tinggal Anda ambil ekstraknya. Kemudian dihancurkan hingga karenanya berbentuk bubuk.

Setalah itu bubuk dari materi tanaman putri aib tersebut direndam didalam methanol selama tiga minggu.

Kemudian setelah tiga ahad , lalu disaring menggunakan kertas saring. Setelah itu lakukan pengekstrakan , lalu diuapkan.

Barulah setelah itu ditambahkan cairan pelarut sesuai dengan dosis yang diinginkan. Demikian cara yang dipaparkan oleh Gayuh Anggita , salah seorang dari tim peneliti.


2. Mengobati Batuk
Untuk Anda yang mengalami problem batuk , apalagi bila batuk yang dialami disertai dengan dahak. Untuk mengatasinya , maka Anda bisa membuat ramuan air rebusan putri malu.

Anda bisa membuatnya dengan merebus sekitar 10 hingga 15 gram bersama dengan air secukupnya , rebuslah hingga mendidih. Setelah airnya sudah mendingin , maka tinggal meminum airnya.

Dari laman Globalhealingcenter.com , menyebutkan bahwa khasiat putri aib bisa untuk mengatasi pilek dan batuk. Kandungan di dalam tanaman putri aib bisa membantu untuk mengurangi indikasi penyakit pernapasan episode atas dan juga batuk.

3. Menyembuhkan Luka
Sebuah penelitian yang menggunakan obyek tikus percobaan , hasil penelitian menemukan bahwa kandungan ekstrak akar putri aib dengan konsentrasi 2% bisa untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

Penelitian dengan menunjukkan ekstrak akar putri aib pada tikus percobaan yang mengalami luka.

Manfaat ini alasannya yaitu adanya kandungan senyawa fenol pada tanaman putri malu. Akar putri aib yang terkandung banyak senyawa fenol bekerja untuk membunuh basil penyebab infeksi kulit.

Dari laman Globalhealingcenter.com , menyebutkan bahwa tanaman putri aib berkhaisat dalam perawatan luka bakar. Tanaman ini terbukti bisa menjadi pertolongan pertama untuk korban yang terbakar.

Pada sebuah peristiwa kebakaran di di San Juanico Bencana pada tahun 1984 , yang memperabukan lebih dari 5.000 orang. Hal itu alasannya yaitu tejadinya ledakan gas minyak bumi di negara Meksiko tersebut.

Ahli kesehatan memanfaatkan tanaman putri aib sebagai salep penyembuhan untuk cedera pada korban yang jumlahnya ribuan.

4. Mengobati dan Mencegah Hepatitis
Tumbuhan putri aib memiliki manfaat penting dalam mengatasi penyakit hepatitis. Mengonsumsi rebusan air putri aib berkhsiat untuk meredakan penyakit hepatitis , serta juga meminimalisir gejala peradangan pada organ hati. Terjadinya peradangan pada organ hati jawaban dari serangan virus hepatitis.

5. Melindungi Hati dari Racun
Dari laman Wildturmeric.net , menyebutkan sebuah penelian yang menggunakan obyek hawan tikus. Dimana tikus diberikan etanol beracun sehingga tikus mengalami keracunan. Kemudian tikus diberikan ekstrak tanaman putri malu.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan esktrak tanaman putri aib tersebut efektif untuk melindungi organ hati dari racun.

6. Mengatasi Susah Tidur
Masalah susah tidur ini akan sangat menganggu acara di pagi hari , selain itu susah tidur juga berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa mengatasi problem susah tidur ini dengan menggunakan daun putri malu.

Kandungan di dalam daun putri aib bekerja untuk membuat tidur bisa lebih nyenyak. Anda bisa membuat ramuannya hanya dengan merebus 50 gram putri aib dengan air secukupnya.

7. Mengobati Reumatik
Penyakit rematik merupakan problem peradangan pada sendi , terjadinya penyakit rematik alasannya yaitu adanya problem autoimun pada tubuh. Dari hasil sebuah survey yang telah dilakukan , membuktikan bahwa penyakit rematik lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria.

Penyakit rematik yang dialami akan sangat mengganggu kegiatan sehari-hari jawaban adanya problem pada sendi badan , yang membuat munculnya rasa nyeri.

Anda bisa meminimalisir gejala rasa nyerinya , caranya pertama-tama rendam tumbuhan putri aib ke dalam arak putih. Biarkan putri aib direndam selama 2 ahad di dalam arak putih.

Setelah selesai direndam dalam waktu yang cukup lama tersebut , maka ambilah tumbuhan putri aib tersebut , lalu ditempelkan pada episode sendi badan yang terasa nyeri. 

Loading...

8. Menangkal Bisa Ular
Dari laman Wildturmeric.net , sebuah studi dilakukan untuk mengetahui manfaat kandungan tanaman putri aib sebagai anti-bisa.  Studi mencari tahu tetang khasat putri aib untuk menangkal ancaman racun ular kobra.

Studi dilakukan dengan cara membuat ekstrak dari akar putri aib (merebus akar kering di dalam air). Hasil studi membuktikan bahwa kandungan di dalam ekstrak tersebut sangat efektif dalam menghambat ancaman bisa ular.

Namun , pemanfaatan dari tanaman putri aib ini harus dilakukan oleh seorang penyembuh yang berpengalaman atau herbalis.

9. Mencegah Penyakit Disentri
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Muhammadiyah Surakarta , memenukan bahwa kandungan ekstrak tumbuhan putri aib mempunyai kandungan antibakteri.

Kandungan antibakteri ini memiliki tugas penting dalam menangkal pertumbuhan dam perkembangan basil Shigella dysentriae , dimana itu yaitu basil pemicu penyakit disentri. Ektrak tumbuhan putri aib bisa untuk membunuh basil tersebut.

10. Menghentikan Pendarahan dan Mencegah Infeksi
Dari laman Globalhealingcenter.com , menyebutkan bahwa ekstrak bubuk dari tanaman putri aib memiliki manfaat untuk kesehatan kulit , hal itu alasannya yaitu di dalam tanaman putri aib terkandung senyawa tanin dan zat antioksidan yang sangat penting.

Manfaatnya bisa menghentikan problem pendarahan , mencegah resiko infeksi , dan membantu proses pembentukan jaringan kulit yang sehat.

11. Mengatasi Peradangan
Kandungan di dalam daun putri aib memiliki fungsi sebagai anti inflamasi , yang manfaatnya untuk meredakan peradangan. Manfaat dari daun putri aib ini sangat penting guna mencegah dan mengatasi problem peradangan dan pembengkakan pada tubuh.

12. Menurunkan Resiko Diabetes
Dari laman Naturalnews.com , bahwa konsumsi tanaman putri aib bermanfaat untuk mengurangi resiko diabetes. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan di dalam tanaman putri aib memiliki khasit untuk menurunkan risiko diabetes , dan menekan perkembangan diabetes sebesar 13 persen. 

13. Mengobati Demam
Daun putri aib memiliki kegunaan untuk mengobati demam dan meminimalisir gejalanya. Kandungan di dalam daun putri aib bekerja untuk menurunkan panas ketika mengalami demam.

Khasiat putri aib juga bisa mengontrol semoga suhu badan bisa selalu dalam kondisi normal. Hal ini berguna semoga demam atau rasa panas tidak muncul kembali.


14. Mengencerkan dahak
Daun putri aib memiliki kegunaan untuk mengencerkan dahak di tenggorokan , hal ini bermanfaat untuk mengatasi problem batuk berdahak yang mengganggu. Dimana nantinya dahak yang memicu timbulnya batuk dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dari laman Globalhealingcenter.com , bahwa tanaman putri aib kaya akan mikronutrien yang penting , termasuk mengandung mineral tembaga , magnesium , zat besi , seng dan mangan. Manfaat kandungan tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan selsel badan , serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

16. Melancarkan Saluran Kemih
Anda dapat memanfaatkan ramuan rebusan daun putri aib untuk melancarkan akses kemih. Dengan mengonsumsi ramuan air rebusannya , berfungsi semoga menjadikan akses kemih bisa terhindar dari  serangan basil atau kuman.

17. Khasiat Lainnya dari Tanaman Putri Malu
Dari laman Earthclinic.com , bahwa semua episode dari tanaman putri aib dapat digunakan sebagai pengobatan , menyerupai akar , daun , dan bijinya , semua bisa digunakan dengan cara yang berbeda-beda. Tanaman putri aib memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif , serta juga bertindak sebagai antibakteri.

Sehingga tanaman putri aib ini cukup efektif dalam mengobati banyak sekali kondisi , menyerupai pengobatan untuk pembengkakan dan peradangan , luka , diabetes , ejakulasi dini , sakit ginjal , dan asma.

Selain itu , juga dapat dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan kulit , mengatasi tekanan darah tinggi , insomnia dan demam.

Penutup
Tanaman putri aib memliki sifat sebagai anti-bakteri , anti-inflamasi , anti biotik , anti mikrobial , anti-kuman , meredakan nyeri , penenang organ badan , ekspektoran dan kontraseptif.

Tanaman putri aib juga banyak dimafaatkan untuk meredakan demam , disentri , mengobati lepra (kusta) , wasir , penyakit kuning , asma , mengatasi nyeri organ kewanitaan dan rahim , melawan peradangan , mengatasi kelelahan , leucoderma , dan penyakit yang berkaitan dengan darah.

Wanita hamil dilarang untuk mengkosumsi tumbuhan putri aib alasannya yaitu menimbulkan problem pada janin. Selain itu , terlalu banyak mengonsumsi tanaman putri aib berakibat pada timbulnya keracunan dan muntah-muntah.

Hal yang penting diingat bahwa pada semua episode dari tanaman putri aib terdapat kandungan racun , walaupun memang khasiat tanaman putri aib ini sangat banyak. Hal ini membuat Anda dalam mengonsumsi tanaman putri aib harus berdasarkan kode dari hebat herbal ataupun dokter.


Add Your Comments

Disqus Comments

Recent Posts