8 Sumber Makanan Pembakar Lemak Saat Tidur

Pada beberapa penelitian , para peneliti menemukan kesimpulan bahwa ketika tidur di malam hari , tubuh tetap bekerja untuk memperabukan lemak secara alami.

Pembakaran lemak di dalam tubuh dilakukan secara teratur dan terus menerus selama 24 jam sehari.

Bahkan , yang luar biasa bahwa puncak pembakaran lemak justru pada ketika seseorang tidur.

Untuk itu , proses pembakaran lemak ketika tidur bisa dioptimalkan dengan mengonsumsi makanan yang membantu tubuh untuk memperabukan lemak.

Sumber Makanan Pembakar Lemak Saat Tidur

Makanan yang kandungan di dalamnya berfungsi untuk memperabukan lemak ketika tidur , umumnya rendah kalori tetapi sangat bergizi.

Tidak hanya dikonsumsi menjelang tidur , makanan pembakar lemak juga bisa Anda konsumsi sepanjang hari.

Selain konsumsi makanan yang membantu memperabukan lemak lebih maksimal ketika tidur di malam hari , juga perlu beraktivitas olahraga secara rutin (3-7 kali salam seminggu).


Makanan pembakar lemak ketika tidur

1. Gandum Utuh 
Gandum utuh memiliki kandungan di dalamnya yang bekerja untuk membantu memperabukan lemak di dalam tubh , sembari menjaga tingkat insulin rendah.

Gandum utuh menjadi sumber yang sangat baik untuk karbohidrat kompleks dan serat , yang bekerja untuk merangsang metabolisme tubuh , baik ketika terjaga maupun ketika tidur.

Menurut laman Livestrong.com , gandum (oat) ialah makanan pokok yang menjadi pilihan konsumsi yang mengagumkan ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Hal itu alasannya ialah kandungan di dalamnya memiliki nilai gizi tinggi , bekerja membantu menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh , dan menghindari gula atau lemak topping , sehingga mencegah asupan kalori berlebihan di dalam tubuh.

Salah satu nutrisi penting untuk menurunkan berat tubuh ialah serat , menurut penelitian dari pihak University of Massachusetts Medical School. Serat membantu untuk membuat rasa kenyang yang lebih lama , sehingga mencegah kita makan berlebihan.

Dan oatmeal (gandum) kaya akan serat. Pihak University of Massachusetts Medical School menyarankan untuk meningkatkan kadar serat maka bisa juga rajin-rajin konsumsi makanan ibarat raspberry , blackberry , blueberry atau stroberi.

2. Buah jeruk
Buah jeruk kaya vitamin C , yang kandunga ini bekerja untuk merangsang kemampuan tubuh memperabukan lemak. Menurut dr. Elia Indrianingsih , Sp. GK , dokter seorang mahir gizi dari RS Eka Hospital , BSD , Tangerang , bahwa vitamin C berperan dalam pemrosesan lemak di dalam tubuh , yang mempercepat proses dengan mengencerkan lemak lalu menghilangkan lemak (berlebih) dari tubuh.

Dokter Elia Indrianingsih juga menjelaskan bahwa konsumsi  buah jeruk yang kaya Vitamin C dan juga sayuran berserat tinggi , sangat penting untuk meningkatkan kerja metabolisme tubuh secara efektif.

Buah yang juga punya khasiat ibarat buah jeruk ini , ibarat jambu biji , lemon , limau , pepaya , dan tomat.

Menurut Livestrong.com , konsumsi buah jeruk membantu Anda untuk menurunkan berat tubuh , walaupun konsumsi jeruk tidak pribadi memperabukan lemak alasannya ialah jeruk mengandung kalori , namun jumlahnya yang relatif rendah.

Manfaat penurunan berat tubuh yang signifikan dari buah jeruk , alasannya ialah kandungan seratnya , 5 ons ibi buah jeruk mengandung 3 ,1 gram total serat makanan. Yang manfaatnya termasuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol , serat membuat tubuh lebih tahan lama kenyang (sehingga tidak makan berlebihan).

Untuk itu , disarankan minimalnya sekali dalam seminggu konsumsi buah jeruk. Dengan kandungan serat di dalam buah jeruk membuat Anda makan dengan porsi yang lebih kecil (karena kandungan serat di dalamnya).

ChooseMyPlate.gov merekomendasikan menutupi setengah piring Anda dengan buah-buahan atau sayuran pada ketika makan , yang akan sangat berdampak baik bagi kesehatan tubuh secara umum , dengan membatasi asupan kalori , yang sebagiannya diganti dengan kandungan yang ada di dalam buah ataupun sayuran.

3. Kacang-kacangan.
Dari Livestrong.com , kacang-kacangan memiliki kandungan protein nabati. Protein butuh waktu yang lebih lama untuk dicerna , yagn efeknya tubuh bisa memperabukan lebih banyak kalori , demikian menurut Fat Free Kitchen.

Anda bisa konsumsi semangkuk sup kacang untuk makan malam , atau salad kacang yang berguna untuk membantu tubuh memperabukan kalori lebih efktiff selama tidur di malam hari.

Kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi , ibarat kacang polong , ataupun aneka macam  varietas kacang , kacang hitam , putih , merah , almond , kedelai , buncis dll.

Menurut Eatthis.com , ada beberapa jenis kacang yang kandungannya sangat efektif untuk menurunkan berat tubuh , ibarat kacang brazil yang dikenal sumber kaya kandungan selenium...

...bermanfaat untuk merangsang proses metabolisme tubuh (baik ketika terjaga maupun ketika tidur) , menjaga kesehatan organ reproduksi , membantu tubuh dalam menyerap manfaat vitamin E , mencegah penyakit katarak.

Selain itu terdapat kandungan mineral tembaga , seng , kalium , riboflavin , lemak jantung-sehat dan magnesium , yang manfaatnya sangat besar bagi tubuh.

Kemudian kacang kenari , mengandung lemak tidak jenuh yang membantu mengurangi lemak perut. Adapun lemak jenuh sebaliknya , yaitu meningkatkan ukuran pinggang.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal Diabetes , bahwa lemak jenuh yang banyak terdapat pada makanan dipanggang dan daging merah , akan menghidupkan gen tertentu yang meningkatkan penyimpanan lemak di perut , demikian kata peneliti.

Adapun lemak tidak jenuh sebaliknya , akan mengaktifkan gen yang mengurangi penyimpanan lemak , dan meningkatkan metabolisme insulin.

Seanjutnya , kacang almond juga bisa untuk membantu proses pembakaran lemak , termasuk ketika tidur. Sebuah studi yang melibatkan orang remaja kelebihan berat tubuh dan obesitas , hasil studi menemukan bahwa , dengan hanya memakan sekitar seperempat cangkir kacang sudah dapat menurunkan berat tubuh lebih efektif

Setelah penelitian sepanjang 24 ahad , mereka yang makan kacang-kacangan mengalami penurunan berat tubuh 62% lebih besar

Almond , kaya asam amino L-arginine , yang membantu tubuh memperabukan lebih banyak lemak dan karbohidrat , terutama selama kegiatan olahraga. Sehingga selain konsumsi makanan pembakar lemak , tetap disarankan untuk rutin olahraga.

4. Makanan berbahan susu
Meminum atau makan produk yang terbuat dari susu membantu untuk memperabukan lemak ketika tidur. Hal itu alasannya ialah kandungannya yang kaya kalsium dan mineral , bermanfaat untuk meningkatkan proses pemecahan sel lemak di dalam tubuh.

Kandungan-kandungan mineral di dalam susu juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Susu juga menjadi sumber karbohidrat kompleks , yang bermanfaat untuk menjaga insulin pada tingkat yang rendah. Tingkat insulin yang rendah (normal) biar proses metabolisme tubuh berjalan dengan lancar , termasuk dalam memperabukan kalori.

Makanan berbahan susu yang kaya akan kandungan kalsium (untuk membantu proses memperabukan lemak) yaitu keju keras , keju lembut yoghurt , dll.

loading...

5. Biji-bijian utuh
Dari Livestrong.com , biji-bijian mengandung nutrisi penting dalam memperabukan lemak dan menjaga tingkat insulin rendah. Biji-bijian memiliki kandungan yang sangat baik berupa karbohidrat kompleks dan serat , yang bisa merangsang kerja metabolisme tubuh...

...untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh. Biji-bijian yang dapat Anda konsumsi ibarat gandum , barley , beras merah , quinoa , dedak gandum ataupun oatmeal.

Konsumsi semangkuk oatmeal (gandum) di pagi hari akan memperlihatkan energi ketika Anda ingin memulai hari , serta membantu tubuh lebih efektif dalam memperabukan kalori ketika tidur di malam hari.

6. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi , berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan akhir radikal bebas yang mengakbiatkan metabolisme turun.

Sehingga Minum teh hijau sebelum tidur memiliki manfaat untuk mengatasi radikal bebas yang menyerang , mencegah turunnya metobolisme tubuh dan untuk melancarakan proses pembakaran lemak ketika tidur.

Selain itu , bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh ketika tidur , yaitu mengeluarkan dari dalam tubuh , melalui air seni (buang air kecil).

Kemudian , diharapkan cara yang sempurna biar menerima manfaat optimal dan efektif dari teh hijau , yang dimaksud yaitu  cara menyeduhnya harus dengan benar.

Daun teh hijau lebih mengagumkan untuk diseduh dengan air panas , tetapi tidak pribadi dikonsumsi melainkan dibiarkan dulu sampai dingin. Tujuannya meminimalkan peresapan lemak ke tubuh.

Utamanya , teh hijau dikonsumsi satu jam sebelum waktu makan besar dengan menu protein tinggi. Teh hijau juga bagusapabila dikonsumsi 1 jam sebelum berolahraga , tujuannya biar mengoptimalkan proses pembakaran lemak tubuh.

7. Air lemon
Apabila Anda terbiasa minum secangkir kopi dipagi hari , Anda dapat sesekali nenggantinya dengan perasan lemon plus air hangat , alasannya ialah manfaatnya yang besar sekali , alasannya ialah menambah asupan vitamin C , membantu menurunkan berat tubuh (menghancurkan lemak) , mencegah dehidrasi  dan mengoptimalkan fungsi pencernaan tubuh.

Konsumsi lemon banyak direkomendasikan para mahir gizi , ibarat Ann Louise Gittleman salah satunya , seorang penulis buku Fat Fush for Life. Dia merekomendasikan untuk membuat jus lemon yang 100% organik (tanpa campuran materi lainnya) biar akhirnya lebih maksimal.

Dari laman DailyMail.co.uk , memaparkan isi dari buku The Lemon Juice Diet , yang ditulis Theresa Cheung (penulis kesehatan terkemuka) , bahwa konsumsi lemon dapat meningkatkan fungsi pencernaan , beliau menyarankan untuk olahraga dan membuasakan konsumsi makanan sehat , biar benar-benar efektif untuk menurunkan berat badan.

Pada kondisi pencernaan yang buruk berakibat menghentikan tubuh untuk mengambil nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memperabukan lemak , sehingga kalau terjadi dilema dalam proses pembakaran lemak maka berakibat menumpuknya racun di dalam tubuh.

Solusi dari permasalah ini ialah lemon , yang manfaatnya untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan membnatu proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

Sebuah studi diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition , memaparkan hasil studi bahwa kandungan pektin (di dalam lemon) bisa menghilangkan nafsu makan yang berlebihan , dimana setelah makan Anda cenderung merasa kenyang lebih lama.

Jus lemon sumber konsentrasi vitamin C , yang juga dikenal untuk menangkal pilek. Penelitian di Arizona State University , menemukan bahwa konsumsi buah dan sayuran tinggi vitamin C memperlihatkan manfaat untuk kerja sistem pencernaan , dan membantu untuk menurunkan berat.

Manfaat vitaminC selanjutnya yaitu membantu tubuh menyerap kalsium , yang kemudian disimpan dalam sel lemak. Penelitian sudah menunjukkan bahwa dengan banyaknya kalsium yang ada di sel lemak , membuat semakin efektif proses pembakaran lemak disana.

8. Sayur-sayuran
Sayuran umumnya memiliki cukup banyak kandungan protein nabati , yang akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Hal ini membantu tubuh biar bisa memperabukan lebih banyak kalori.

Sayuran brokoli salah satu sayuran terbaik untuk mengatasi lemak berlebih , kalorinya yang rendah namun kaya akan serat. Sehingga membuat orang yang mengkonsumsinya akan kenyang lebih lama.

Brokoli juga mengandung vitamin A , vitamin B6 , dan riboflavin yang membantu merangsang proses metabolisme tubuh , sehingga pembakaran terhadap lemak dan kalori maksimal.

Kandungan vitamin dan serat juga membantu proses pencernaan biar lancar , mencegah timbulnya sembelit , dan menurunkan kadar gula darah yang memicu obesitas.

Sayuran berdaun hijau ibarat bayam , kangkung , dll kaya akan kandungan yaitu zat besi , seng , magnesium , vitamin A dan K.

Manfaatnya untuk membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh , guna memaksimalkan prsoes pembakaran lemak tubuh.

Sayuran lainnya yang mengagumkan untuk dikonsumsi guna memperabukan lemak di dalam tubuh yaitu asparagus , wortel , ubi jalar , cabai , bit , buncis dan kale

Hal yang membantu proses pembakaran lemak ketika tidur lebih efisien

Makan Malam Low-Sodium
Keri Gans , RD , seorang penulis buku yang berujdul The Small Change Diet menjelaskan , untuk menghindari perut kembung ketika bangkit tidur , maka perlu melewati makan malam ala China...

...yaitu dengan mengonsumsi sayuran sehat yang dikukus , dan konsumsi makanan kaya protein tanpa lemak. Dan yang paling penting , jangan bubuhi garam pada makanan Anda.

Berdasarkan perkataan Keri Gans , RD maka segera batasi konsumsi garam Anda dalam sehari-hari biar pembakaran lemak di dalam tubuh menjadi optimal.

Latihan angkat berat
Untuk memperabukan lebih banyak kalori ketika tidur , lakukan olahraga , termasuk yang perlu dilakukan yaitu latihan angkat berat di siang hari.

Dengan melaksanakan olahraga angkat berat yang meningkatkan massa otot , membantu tubuh untuk memperabukan lebih banyak kalori ketika tidur.

Siapkan menu makan siang sendiri
Makanan restoran umumnya memiliki dua kali lebih banyak kalori. Apabila ingin menurunkan berat tubuh , maka perlu membatasi asupan kalori (agar tidak berlebihan).

Sehingga , utamakan mengonsumsi makanan yang dimasak atau dipersiapkan sendiri. Kamu bisa menkonsumsi salad , nasi campur lauk ikan , ayam atau lainnya. Jika ingin makan nasi , ingat jangan berlebihan

Banyak minum air putih
Manfaat air putih sangat banyak , salah satunya membersihkan sistem pencernaan tubuh. Sehatnya pencernaan sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum , termasuk membantu dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Batasi asupan karbohidrat
Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Sebaiknya hindari asupan karbohidrat yang banyak 2 jam sebelum tidur , alasannya ialah bisa membuat kesulitan untuk tidur (karena masih kenyang).

Selain itu , ketika jumlah karbohidrat menurun , maka tubuh akan mulai menggunakan kalori untuk memperabukan lemak sehingga tetap bisa menghasilkan energi.

Proses ini tetap terjadi dalam kondisi sedang tidur , kalau tubuh tidak mendapat asupan karbohidrat sebelum tidur , membuat tubuh bisa memperabukan lebih banyak kalori dan lemak untuk menghasilkan energi.

Kamar tidur harus gelap
Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan di Journal of Pineal menunjukkan bahwa zat melatonin (yang diproduksi di dalam tubuh) membantu tubuh dalam memproduksi pembakaran kalori dari lemak cokelat berlebih.

Zat melatonin dapat diproduksi oleh tubuh ketika berada di dalam rungan yang gelap. Melatonin berperan dalam proses pembakaran lemak ketika tidur. Sehingga ketika tidur pastikan kamar dalam kondisi gelap gulita.

Jika menggunakan , kecil-kan pemanas ruangan
Agar tubuh bisa memperabukan kalori lebih banyak di malam hari , hal yang perlu dilakukan mengecilkan pemanas ruangan , sehingga rungan tidak terlalu hangat.

Biarkan udara cenderung hirau taacuh , biar tubuh nantinya untuk tetap hangat , maka menggunakan lebih banyak energi tubuh.

Dengan setting pemanas ruangan tidak terlalu hangat , maka tingkat metabolisme tubuh akan meningkat sehingga bisa memperabukan lebih banyak kalori untuk membuat kita tetap hangat.


Add Your Comments

Disqus Comments

Recent Posts